Total Tayangan Laman

Senin, 04 Maret 2013

soal-antropologi

UAS-SMA-05-01
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk. Di antara 3 faktor penyebab kemajemukan tersebut adalah ...
A. latar belakang historis, pengaruh iptek, dan keterbukaan terhadap budaya luar
B. latar belakang historis, kondisi sosial ekonomi, dan kondisi geografis
C. latar belakang historis, keterbukaan terhadap budaya luar, dan faktor geografis
D. pembangunan tidak merata, kondisi SOSEK, dan pengaruh iptek
E. latar belakang historis dan pembangunan tidak merata
UAS-SMA-05-02
Istilah etnografi mulai dikenal pada akhir abad ke-15 yang berarti ..
A. penelitian terhadap budaya yang belum maju
B. penelitian tentang perkembangan budaya manusia
C. ilmu yang mengkaji tentang bangsa-bangsa
D. himpunan tulisan tentang suku bangsa
E. penelitian terhadap masyarakat yang sederhana
UAS-SMA-05-03
Seorang mahasiswa kriminolog melakukan penelitian mengenai kehidupan para narapidana di lembaga pemasyarakatan. Dalam melakukan penelitian, maha-siswa tersebut tinggal di lingkungan LP dan bergaul dengan para narapidana, tetapi dalam hal-hal tertentu membatasi diri sebagai orang luar. Dari uraian di atas metode pengamatan yang dilakukan adalah jenis observasi dengan keterlibatan ...
A. penuh
B. medium
C. aktif
D. pasif
E. biasa
UAS-SMA-05-04
Di bawah ini adalah tabel kesatuan teritorial pada suku bangsa Batak.
No
HUTA
No
KUTA
1
2
3
4
5
Dihuni oleh keluarga dari satu klen
Terdiri dari klen yang berbeda
Terdiri dari keluarga bagian dari satu klen
Merupakan perkampung-an baru
Merupakan kawasan hutan
1
2
3
4
5
Terdiri dari keluarga bagian dari satu klen
Dihuni oleh keluarga dari klen yang berbeda
Merupakan perkampungan baru
Merupakan wilayah perkotaan
Dihuni oleh keluarga
Pernyataan yang tepat adalah…
A. huta no. 1 dan kuta no. 2
B. huta no. 2 dan kuta no. 1
C. huta no. 3 dan kuta no. 3
D. huta no. 4 dan kuta no. 5
E. huta no. 5 dan kuta no. 4
UAS-SMA-05-05
Gambar di bawah merupakan diagram kekerabatan suku bangsa Minangkabau. Dalam diagram tersebut yang diberi tanda (+) adalah ...
A. niniek mamak
B. induak bako
C. anak pusako
D. rang sumando
E. pasumandan
UAS-SMA-05-06
Dari gambar di atas menunjukkan rumah masyarakat Jawa yang disebut tipe rumah ...
A. limasan
B. sinom
C. joglo
D. serotong
E. tajuk
UAS-SMA-05-07
Perhatikan isian di bawah ini!
1. neundeun omong
2. ngeyeuk seureuh
3. seserahan
4. ijab kabul
5. nyerahan
Dari pernyataan di atas urutan yang benar upacara pernikahan suku bangsa Sunda adalah ...
A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
B. 1 – 3 – 2 – 5 – 4
C. 1 – 3 – 5 – 2 – 4
D. 1 – 5 – 2 – 3 – 4
E. 1 – 5 – 3 – 2 – 4
UAS-SMA-05-08
Penerapan konsep kaja dan kelod dalam kehidupan sehari-hari pada suku bangsa Bali adalah ...
A. adanya desa adat dan desa dinas
B. sinkretisme antara kepercayaan Hindu dengan budaya Bali
C. penggunaan sistem kalender Hindu Bali dan Jawa Bali
D. adanya kelompok masyarakat Bali Aga dan Bali Majapahit
E. penempatan pura di pegunungan dan sarana hiburan di daerah pantai
UAS-SMA-05-09
Sistem norma adat yang keramat dan sakral pada suku bangsa Bugis Makasar disebut ...
A. attoriolong
B. panngaderreng
C. paseng
D. tappang
E. Ade
UAS-SMA-05-10
Perkawinan Mbeter pada suku bangsa Asmat terjadi apabila....
A. pihak laki-laki memiliki derajat sosial yang lebih rendah
B. hubungan rahasia antara pemuda dan pemudi
C. pihak laki-laki tidak dapat memberikan mas kawin secara adat
D. si pemuda melarikan si pemudi untuk dinikahi
E. si pemuda adalah anak tunggal
UAS-SMA-05-11
Pada fase ketiga perkembangannya, ilmu antropologi menjadi ilmu praktis yang memiliki tujuan untuk ...
A. memahami masyarakat dan kebudayaan primitif
B. menyusun siasat untuk mempengaruhi dan menguasai penduduk pribumi
C. mengumpulkan kisah perjalanan yang ditulis oleh pelaut, musafir, dan missionaris
D. mempelajari manusia dalam aneka suku bangsa untuk membangun suku bangsa tersebut
E. mencapai pengertian tentang makhluk manusia pada umumnya
UAS-SMA-05-12
Perbedaan antara somatologi dan paleoantropelogi adalah ...
Somatologi
Paleoantropologi
A. Mengkaji ukuran tubuh manusia
- Mengkaji kebudayaan
B. Mempelajari asal usul manusia dan evolusinya
- Memfokuskan diri pada ciri-ciri tubuh baik secara genotif maupun fenotif
C. Mengkaji aneka warna manusia dipandang dari sudut ciri-ciri tubuh
- Meneliti asal usul manusia dan evolusinya
D. Mempelajari peng-golongan manusia
- Mempelajari terjadinya pewaris ciri biologi pada manusia
E. Mengkaji terjadinya pewaris ciri biologis pada manusia
- Mempelajari penggolongan manusia dalam kelompok ras
UAS-SMA-05-13
Persamaan bangsa Indonesia, Brunei, Filipina adalah sama-sama termasuk ras ...
A. asiatic mongoloid
B. american mongoloid
C. malayan mongoloid
D. melanosoid negroid
E. negrito
UAS-SMA-05-14
Etnolinguistik, prehistori, dan etnologi merupakan bagian dari ...
A. antropologi fisik
B. paleoantropologi
C. antropologi budaya dan antropologi fisik
D. antropologi fisik dalam artisempit
E. antropologi budaya
UAS-SMA-05-15
Perhatikan bagan berikut!
Bentuk keluarga luas utrolokal adalah nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
UAS-SMA-05-16
Berdasarkan defmisi kebudayaan Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, yang dimaksud cipta masyarakat adalah ...
A. kemampuan manusia untuk mengheningkan cipta kepada Tuhan Yang Maha Esa
B. kemampuan manusia untuk menciptakan teknologi untuk menguasai dan mengubah alam
C. kemampuan manusia untuk menciptakan keselarasan dirinya dengan lingkungan
D. kemampuan berpikir dari orang-orang yang hidup bermasyarakat dan menghasilkan pengetahuan
E. perasaan manusia yang berwujud dalam norma-norma dari nilai-nilai kemasyarakatan
UAS-SMA-05-17
Perwujudan budaya yang bersifat konkrit, berpola dari tindakan atau perbuatan dan aktivitas manusia di dalam masyarakat. Wujud budaya tersebut terdiri atas perilaku dan bahasa.
Pernyataan di atas menunjukkan perwujudan budaya sebagai wujud ...
A. ideal
B. sistem social
C. konkrit
D. fisik
E. nonfisik
UAS-SMA-05-18
Di bawah ini yang merupakan substansi kebudayaan adalah ...
A. tradisi, budaya, kebiasaan, keyakinan
B. perilaku, material, bahasa
C. sistem pengetahuan, nilai, etos, pandangan hidup
D. sistem pengetahuan, sistem kekerabatan, sistem matapencaharian
E. perilaku, kebiasaan, norma, kepribadian
UAS-SMA-05-19
Watak khas (etos) suatu kebudayaan akan terlihat pada ...
A. peraturan yang berlaku, sistem kekerabatan, dan pola-pola umum
B. bahasa yang digunakan, sistem pengetahuan, dan tingkah laku
C. tingkah laku, kegemaran, dan benda budaya yang dihasilkan
D. kegemaran, sistem pengetahuan, dan tingkah laku
E. benda budaya yang dihasilkan, bahasa, dan tingkah laku
UAS-SMA-05-20
Salah satu penyebab kebudayaan cenderung untuk bertahan karena ...
A. merupakan hasil karya masyarakat
B. berguna sebagai pedoman hidup
C. merupakan warisan nenek moyang
D. memiliki nilai estetika yang tinggi
E. berguna untuk menarik wisatawan asing
UAS-SMA-05-21
Budaya yang diwariskan oleh generasi terdahulu perlu dikaji dan ditelaah oleh generasi berikutnya dengan maksud ...
A. menghubungkan budaya lama dengan budaya baru
B. membandingkan budaya lama dengan budaya baru
C. mengganti budaya lama dengan budaya baru
D. menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekarang
E. memanfaatkan budaya lama secara optimal
UAS-SMA-05-22
Di bawah ini diagram hubungan kepribadian, kebudayaan, dan masyarakat ...
Berdasarkan diagram tersebut, hubungan kebudayaan dan kepribadian adalah sebagai berikut.
A. kebudayaan adalah wujud nyata dari kepribadian
B. kepribadian melatarbelakangi perkembangan kebudayaan
C. tanpa kepribadian yang mantap tidak akan lahir kebudayaan
D. kebudayaan tidak ada hubungannya dengan kepribadian
E. kebudayaan dan kepribadian berhubungan dengan perilaku
UAS-SMA-05-23
Pada suku bangsa Minangkabau, pelamaran biasanya dilakukan oleh pihak wanita, sedangkan pada suku bangsa Sunda hal tersebut dilakukan oleh pihak laki-laki.
Perbedaan adat melamar tersebut disebabkan oleh kebudayaan khusus atas dasar ...
A. cara hidup di kota dan di desa
B. kelas sosial
C. profesi
D. kedaerahan
E. agama
UAS-SMA-05-24
Sengkedan/terasering di lereng gunung yang dibuat oleh masyarakat desa mencerminkan ...
A. sikap konformis terhadap lingkungan alam
B. adat istiadat masyarakat yang turun temurun
C. penguasaan terhadap lingkungan alam
D. keteraturan hidup masyarakat
E. partisipasi masyarakat dalam pembangunan
UAS-SMA-05-25
Cultural determinism berarti segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh ...
A. lingkungan alam
B. lingkungan sosial
C. budaya masyarakat
D. kondisi sosial ekonomi
E. kepribadian masyarakat
UAS-SMA-05-26
Perbedaan antara enkulturasi dan sosialisasi adalah ...
Enkulturasi
Sosialisai
A. Proses individu mempelajari kebudayaan masyarakat
B. Proses penyesuaian individu dengan lingkungan sosial-nya
C. Proses individu menyimpang dari norma
D. Proses individu mempelajari kebudayaan masyarakat
E. Proses individu mengambil sikap dan perilaku orang lain
Individu menolak kebudayaan masyarakat
Individu mempelajari budaya masyarakat
Individu menyesuaikan diri dengan budaya baru
Individu menyesuaikan dengan lingkungan sosialnya
Individu membentuk kelompok sosial
UAS-SMA-05-27
Keluarga merupakan sarana budaya yang pertama, karena ...
A. keluarga menjadi tempat berlindung anak
B. keluarga memenuhi kebutuhan fisik anak
C. perantara dalam proses pewarisan budaya
D. dalam keluarga terjadi proses enkulturasi dan sosialisasi
E. memperkenalkan nilai-nilai dan norma budaya kepada anak
UAS-SMA-05-28
Perhatikan gambar berikut!
Penemuan baru yang membawa pengaruh tersebut adalah ...
A. penemuan mobil, kereta api, telepon, menyebabkan tumbuhnya pusat kehidupan dipinggiran kota (Suburban)
B. penemuan alat komunikasi seperti radio, TV, menyebabkan perubahan terhadap lembaga kemasyarakatan
C. penemuan kapal terbang yang membawa akibat terhadap metode perang
D. tumbuhnya paham nasionalisme menimbulkan gerakan sosial dan melahirkan p"artai politik
E. penemuan mesin uap memungkinkan terdapatnya industri dan menimbulkan kesenjangan antara kaum buruh dan majikan
UAS-SMA-05-29
Faktor-faktor yang dapat menyebabkan perubahan kebudayaan dapat berasal dari dalam masyarakat itu sendiri yang disebabkan oleh ...
A. akulturasi, asimilasi, difusi
B. akulturasi, globalisasi, penetrasi
C. difusi, penetrasi, globalisasi
D. discovery, invention, inovasi
E. inovasi, akulturasi, globalisasi
UAS-SMA-05-30
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Pengaruh penemuan baru yang menyebar ke segala bidang
2. Penemuan baru yang sudah direncanakan, baik berupa alat maupun ide
3. Penemuan budaya baru dalam budaya rohaniah
4. Penemuan baru yang telah diakui, diterima dan diterapkan oleh masyarakat
5. Proses pembaharuan dari penemuan yang sudah ada
Pernyataan yang tepat, perbedaan antara discovery dan invention adalah nomor ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 5
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 5
UAS-SMA-05-31
Penyebaran jenis produk makanan dan minuman dari luar seperti Coca-cola, Pizza, Mc Donald, KFC, dan sebagainya sehingga dikenal oleh masyarakat Indonesia, merupakan proses …
A. akulturasi
B. difusi intra masyarakat
C. difusi inter masyarakat
D. inovasi
E. asimilasi
UAS-SMA-05-32
Dua masyarakat yang memiliki kebudayaan yang berbeda, hidup berdampingan secara damai walaupun selalu mengadakan kontak secara kontinu. Kedua masyarakat tersebut tetap mempertahankan kebudaya-an masing-masing.
Uraian di atas menunjukkan terjadinya proses ...
A. asimilasi
B. difusi
C. simbiotik
D. penetrasi pasifik
E. penetrasi violet
UAS-SMA-05-33
Sebagian besar masyarakat Indonesia belum memiliki kesiapan dalam menyongsong era globalisasi. Hal ini disebabkan ...
A. sumber daya manusia belum memadai
B. masyarakat Indonesia relatif malas
C. kondisi perekonomian yang terpuruk
D. liberalisasi bertentangan
E. keamanan yang belum terjamin
UAS-SMA-05-34
Keguncangan budaya (cultural shock) dapat terjadi apabila ...
A. generasi itu bersifat dinamis dalam mewariskan budaya
B. generasi muda bersifat terbuka dalam menerima warisan budaya
C. unsur-unsur budaya yang berkembang tidak sama cepatnya
D. derasnya budaya yang masuk sehingga belum sempat di adaptasi
E. lingkungan masyarakat yang menolak terhadap perubahan budaya
UAS-SMA-05-35
Di bawah ini contoh yang tepat dari cultural lag adalah ...
A. penggunaan bahasa asing dalam berkomunikasi
B. anggota masyarakat tidak dapat menggunakan peralatan modern
C. mengikuti pergantian mode sesuai dengan perkembangan jaman
D. kebiasaan meminum minuman keras dan obat-obatan terlarang
E. pergeseran nilai dan norma pada generasi muda
UAS-SMA-05-36
Kebudayaan nasional dapat menerima perubahan yang memungkinkan lebih bermanfaat dan. memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.
Pernyataan di atas menggambarkan bahwa kebudayaan nasional memiliki karakteristik ...
A. bersifat terbuka
B. menjadi pedoman hidup
C. bersifat mentradisi
D. memiliki potensi yang luas dan kuat
E. hasil inovasi para cendekiawan
UAS-SMA-05-37
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Sistem pengetahuan
2. Perilaku
3. Pandangan hidup
4. Cara berpakaian
5. Bahasa
6. Benda hasil budaya
Perwujudan budaya nasional meliputi nomor ...
A. 1, 2, 3, 4
B. 1, 3, 4, 5
C. 1, 4, 5, 6
D. 2, 3, 4, 5
E. 2, 4, 5, 6
UAS-SMA-05-38
Akulturasi pada hakikatnya merupakan suatu proses yang terjadi akibat ...
A. adanya dominasi budaya asing
B. penyatuan dua budaya yang berbeda
C. penemuan-penemuan baru di bidang iptek
D. penyebaran kebudayaan dari negara lain
E. adanya komunikasi yang semakin maju
UAS-SMA-05-39
Untuk memeriahkan perkawinan, digunakan musik dangdut di samping kesenian tradisional.
Menggambarkan adanya proses ...
A. adisi
B. dekulturasi
C. sinkretisme
D. substitusi
E. originasi
UAS-SMA-05-40
Di bawah ini contoh yang tepat adanya proses sinkretisme adalah ...
A. penggunaan traktor untuk mengolah sawah
B. munculnya juru selamat pada agama Islam, Kristen, dan lain-lain
C. percampuran unsur budaya Bali dalam agama
D. timbulnya gerakan pemberontakan generasi muda
E. berkembangnya radikalisme di masyarakat
UAS-SMA-05-41
Suatu gerakan rakyat yang didasarkan kepada simbol atau kepercayaan yang menyatakan bahwa di masa yang akan datang akan ada orang yang membebaskan rakyat dari penderitaan disebut ...
A. Heliosentris
B. Etno sentrisme
C. Sinkretisme
D. Rejection
E. Milenarisme
UAS-SMA-05-42
Masyarakat keturunan Cina di Indonesia mulai meninggalkan sifat-sifat khas leluhurnya baik dalam bahasa maupun adat istiadatnya, mereka berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat sekitarnya. Proses perubahan budaya di atas merupakan contoh dari ...
A. akulturasi
B. asimilasi
C. penetrasi
D. difusi
E. inovasi
UAS-SMA-05-43
Modernisasi dalam kehidupan berarti ...
A. masuknya budaya Barat ke dalam masyarakat
B. penerapan teknologi canggih di segala bidang kehidupan
C. perubahan nilai-nilai dalam kehidupan masyarakat
D. perubahan di segala bidang sehingga sesuai dengan zaman
E. hilangnya budaya asli diganti dengan budaya baru
UAS-SMA-05-44
Proses pembangunan di Indonesia diharapkan ke arah modernisasi bukan westernisasi karena westernisasi adalah ...
A. mengikuti pola pikir masyarakat Barat
B. mengadopsi teknologi Barat dalam kehidupan
C. pembaharuan di segala bidang kehidupan
D. menerapkan pengetahuan yang berasal dari Barat
E. mengikuti gaya hidup masyarakat Barat
UAS-SMA-05-45
Pembangunan nasional memberikan dampak sebagai berikut.
1. Kurangnya kemandirian
2. Konsumenrisme
3. Tersedianya sarana/prasarana kehidupan
4. Individualistis
5. Peningkatan taraf hidup
Yang merupakan dampak positif dari pembangunan adalah ...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
UAS-SMA-05-46
Orientasi nilai budaya yang berpandangan bahwa karya hidup akan menghasilkan peri laku hidup ...
A. berpesta pora dan berfoya-foya
B. pasrah terhadap nasib
C. tidak serius dalam bekerja
D. menghalalkan segala cara
E. hasil kerja yang ala kadarnya
UAS-SMA-05-47
Konsep mentalitas petani maupun priyayi dalam hubungan dengan alam sebagai berikut.
1. Manusia harus selaras dengan alam
2. Manusia hanya unsur kecil dalam peredaran alam semesta (macro cosmos)
Sikap mental tersebut di atas menghambat pem-bangunan sebab ...
A. menimbulkan keinginan untuk berusaha
B. berkeinginan untuk menguasai lingkungan
C. memiliki orientasi masa lampau
D. tidak memikirkan masa depan
E. terlampau menggantungkan diri terhadap nasib
UAS-SMA-05-48
Perhatikan contoh perilaku di bawah ini!
1. Asal atasan senang
2. Bersekolah untuk mengejar pendidikan
3. Berkompetisi satu sama lain
4. menghalalkan segala cara
5. kurang percaya pada diri sendiri
Yang menunjukkan ciri-ciri sikap mental yang menerabas adalah ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
UAS-SMA-05-49
Manusia Indonesia pandai menyembunyikan kata hati yang sebenarnya, perasaannya, keyakinannya, sehingga terlihat bersikap lain di muka lain di belakang. Sikap ini merupakan sikap ...
A. toleransi
B. feodal
C. fatalisme
D. tidak disiplin
E. hipokritis
UAS-SMA-05-50
Pendorong utama manusia Indonesia memiliki jiwa artistik yang begitu besar sehingga hasil karyanya dikagumi dunia adalah ...
A. naluri dan kedekatannya dengan alam
B. jiwa kompetitif di dalam seni
C. adanya penghargaan dari pemerintah
D. mengejar kesenangan duniawi
E. sumber penghasilan yang cukup besar

Demikian postingan saya terkait soal antropologi, semoga bermanfaat.                                      Sumber: www.examsworld.us.pdf

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar